Kamis, 25 Juni 2009

Survei Jalur Wisata Borobudur - Selo - Solo

Keinginan melakukan touring ke obyek wisata Ketep Pass namun nggak tahu peta lokasinya membuat saya melakukan survei terlebih dahulu. Berangkat berboncengan bersama Arif, motor kami melaju melalui jalan Kaliurang kemudian berbelok kiri di perempatan Pakem. Melewati kecamatan Turi, yang merupakan daerah penghasil salak pondoh yang telah terkenal di Yogyakarta. Jalan berkelok - kelok dan samping kiri dan kanan banyak terdapat pohon salak.


Mencapai daerah Tempel, kami mengambil arah ke kanan, menuju ke arah Muntilan. Melewati jalan Magelang yang cukup lebar, kami mempercepat laju kendaraan. Mendekati daerah Blabak, kami memperlambat jalan dan memperhatikan keterangan arah jalan. Setelah melihat arah belok kanan menuju Ketep Pass, kmi mengambil arah kanan.
Melalui jalan yang dinamakan jalur borobudur - selo - solo, bila ditarik garis lurus dapat dihubungkan antara Borobudur dengan kota Solo melalui jalan tersebut. Saya kurang tahu alasannya bagaimana, menurut kami posisi Borobudur dengan kota Solo melengkung arahnya. Jalanan mulai mendaki, bukit - bukit kecil di lereng gunung Merapi mulai terlihat dengan jelas. Kondisi jalan mulai menyempit. Akhirnya kami mencapai obyek wisata Ketep Pass. Namun kami tidak memasuki obyek wisata tersebut, kami hanya melihat dari luarnya saja.
Perjalanan kami lanjutkan ke arah Selo, sebuah tempat yang digunakan untuk basecamp orang yang akan mendaki ke Gunung Merapi. Kami berhenti sejenak disebuah warung makan sederhana untuk makan siang. Melanjutkan perjalanan melewati sebuah jalan lurus yang menghadap Gunung Merbabu. Pemandangan yang tampak sungguh indah. Berhenti sejenak dan mengambil beberapa foto dengan menggunakan sebuah kamera ponsel yang saya miliki. Dengan keterbatasan sebuah kamera ponsel, saya berusaha mengambil gambar semaksimal mungkin.

Akhirnya sampai di kota Boyolali. Kami mengambil jalan ke kiri menuju ke Klaten. Kami tidak menghentikan laju kendaraan dan meneruskan perjalanan kembali ke kota Yogyakarta.


http://teamtouring.web.id/survei-jalur-wisata-borobudur-selo-solo.html

2 komentar:

  1. jadi kalo dari solo uenaknya jalan mana oom

    BalasHapus
  2. jadi kalo dari solo ke ketep pass uenaknya jalan selo apa magelang oommm

    BalasHapus

Ada Komentar????