Kamis, 25 Juni 2009

Lima Siswa Tenggelam, Satu Tewas Agar Hemat, Guru Ajak Rekreasi ke Waduk

Liburan siswa SDN I Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, kemarin (24/6), berubah petaka. Lima siswa tenggelam di Waduk Klumpit, Desa Banyudono, Ngariboyo. Tragisnya, seorang siswa tak tertolong dan meninggal di lokasi. ''Korban terlalu lama tenggelam dan kehabisan napas di air,'' terang Suwarno, salah seorang warga yang ikut menolong korban.

Korban tewas itu adalah Umi Ikhlasul Amalia, 10, siswa kelas IV. Saat ditemukan warga, tubuhnya berada di dasar waduk dengan kedalaman sekitar 8 meter. Perutnya kembung terisi air. Butuh waktu sekitar 40 menit untuk menemukan korban. ''Saya raih rambutnya dan langsung saya tarik,'' ungkap Suwarno.


Kejadian nahas tersebut terjadi kemarin sekitar pukul 10.00. Saat itu, 40 siswa kelas III, IV, V, dan VI berekreasi di waduk. Mereka ditemani para guru. Menurut Firda, salah seorang korban selamat, saat itu, dirinya dan empat teman - Umi, Binti, Nila, dan Wahyu- sedang bermain di tangga waduk sebelah timur. Saat bercengkerama dan bercanda, mereka saling dorong. Akibatnya, lima siswa tersebut jatuh ke telaga. ''Awalnya hanya bercanda dan saling senggol,'' katanya.

Saat tercebur, mereka berteriak minta tolong. Tapi, karena tak bisa berenang, mereka tak bisa melakukan apa-apa. Mereka hanya berteriak-teriak. ''Untung, ada warga yang terjun menolong. Kalau tidak, entah bagaimana,'' paparnya sambil meneteskan air mata.

Setelah dievakuasi, para korban langsung diperiksa tim medis puskesmas yang datang ke lokasi. Empat siswa dinyatakan sehat. Tapi, Umi meninggal karena saluran nafasnya dipenuhi air. Sukatmi, orang tua korban, histeris. Perempuan paruh baya itu menangis dan memeluk erat putri keduanya tersebut. Setelah dibujuk keluarga, dia melepaskan pelukannya dari tubuh Umi. Selanjutnya jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka, Dukuh Putuk, Desa Mojopurno.

Nur Khomariah, salah seorang guru, menyatakan tak mempercayai kejadian tersebut. Menurut dia, awalnya, pihak sekolah membawa siswa berekreasi di waduk karena dekat. Jadi, tidak membutuhkan biaya banyak. ''Rekreasi ini baru kali pertama,'' katanya.


source.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar????