Selasa, 30 Juni 2009

Sebuah Renungan: Carilah Guru Rohani Sempurna



Bila seseorang beruntung sekali untuk bertemu dengan dengan seorang guru rohani sempurna, maka mata serta telinganya akan mulai terbuka dan ia mulai mendnegar Suara Tuhan ini. Jika saja para ahli filsafat dan pencari kebenaran di dunia inimau menyelidiki dengan seksama firman yang merupakan landasan dari semua agama ini, maka semua permusuhan serta pertikaian yang sekarang ini banyak sekali terjadi antara pengikut berbagai agama, pasti akan berakhir.



Apakah yang menyebabkan semua pertentangan yang ada sekarang ini? Hanya karena ketidaktahuan dan tidak adanya pikiran yang sehat. Bila seorang suci atau nabi datang, ia memberitakan kebenaran yang abadi dalam bahasa yang sederhana tanpa ada maksud untuk menemukan agama baru. tetapi setelah kepergian mereka, orang memisah-misahkan diri dalam berbagai sekte dan syahadat. Nabi Muhammad adalah satu dan Kitab Suci Qur'an adalah satu, tetapi sekarang ini terdapat tujuhpuluh dua sekte yang berlainan di antara para pengikutnya.

Para Suci berkata ''Jangan memikirkan tentang soal-soal yang remeh itu, Nama yang Sejati terdapat di dalam diri anda. Peganglah dia dan kembalilah ke 'Rumah' amda secara diam-diam tanpa banyak pusing. Tetapi untuk maksud tersebut harus mencari seorang guru rohani sempurna.

Kesulitannya adalah bahwa, di dunia ini terdapat seribu satu macam guru. Ada yogi-yogi, Vedantis, Sanyasi, Bairaqi serta masih banyak lainnya.

Bagaimana orang dapat mengenal seorang Guru Rohani Sejati, dan patokan apakah yang harus dipakai untuk menguji kebenaran dari begitu banyak orang mengaku sebagai guru rohani? Jawabnya adalah bahw Tuhan Sendiri selalu menolong para pencari kebenaran yang tulus untuk mendapatkan seorang guru rohani sejati.

Itu semua berada di tanganNya. Sasaran kita haruslah tempat yang Terluhur itu, yang berada di luar jangkauan Kiamat dan Pemusnahan, dan kita harus memilih seorang guru rohani yang mampu membawa kita ke alam itu.

Guru rohani sempurna sangat langka didunia. tetapi seorang pencari kebenaran akan selalu menemukannya. Mereka dapat ditemukan diantara umat Hindu dan juga Islam, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Nasib yang luar biasa baiknyalah yang menemukan orang dengan Guru Rohani Sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar????