Sabtu, 10 Juli 2010

KOMEDO........ iiiiggghh ga lah yaw!!!


Komedo merupakan Kotoran penyumbat pori-pori ini berbetuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan komedo, wajah halus terlihat kotor dan kusam. Bintik hitam disekitar hidung atau pipi memang sangat menganggu penampilan. Jika Anda belum tahu, itu adalah salah satu jenis jerawat.

Komedo muncul akibat dari terjadinya penumpukan minyak berlebih (sebum), serta sel kulit mati. Saat membersihkan wajah, komedo sering terabaikan. Komedo terbentuk karena penyumbatan minyak atau make up yang terjebak dibawah kulit. Komedo ini juga masalah kulit paling sering dialami oleh setiap orang. Walapun tidak menyebabkan bengkak dan iritasi kulit seperti jerawat lainnya, komedo tetap mengurangi kecantikan wajah jika ada dalam jumlah banyak.
Menghilangkan komedo tidak dapat dilakukan dengan cara memencetnya. Karena dengan memencetnya, justru akan merangsang komedo menjadi jerawat bernanah. Dampak lainnya adalah dapat menyebabkan infeksi, dan memperparah kondisi wajah.

Komedo sendiri ada dua jenis, antara lain :

1. Blackhead (komedo terbuka), tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.
2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.

Ini beberapa tips untuk mengatasi komedo

- Kenali Jenis Kulit
Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai, sehingga wajah akan bersih dari minyak. Wajah pun akan benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Kondisi yang demikian akan membuat komedo tidak akan muncul. Pilihlah pelembab yang cocok bagi jenis kulit yang Anda miliki. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembap oil free.

- Pilih Pembersih yang Tepat
Pembersih yang tepat dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.



- Hidup Sehat dan Cukup Gizi
Cukup tidur dan istirahat, hindari stres. Pada saat kondisi tubuh menurun, kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh. Dan makan makanan yang bernutrisi. Jangan lupa untuk membantasi konsumsi coklat, kacang-kacangan, telur, keju, alpukat, durian, segala jenis susu, gorengan, santan, lemak, kerang, makanan lainnya yang memiliki kadar lemak berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada Komentar????